Langsung ke konten utama

arisulistianto - Pulau Tikus

Aloha...... Halo sobat blog ! Terimakasih sudah mampir ke blog saya ini. Btw saya beberapa hari ini sibuk mengedit kumpulan video trip ke Pulau Tikus, Bengkulu. Apa? Pulau Tikus ? Banyak Tikus nya yah?

Eit.. sabar dulu. Berikut saya jelasin Pulau Tikus itu apa...

Pulau Tikus, atau dalam Bahasa Inggrisnya Tikus Island (Jangan disebut Mouse/Mice/Rat Island, ini nama tempat broo), ini berada di wilayah administratif Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Kalo dari Pantai Panjang biasanya keliahatan Pulau Tikus ini. 

Pulau karang ini luasnya sekitar 1,5 Ha, tapi data tahun 2011 tinggal 0,5 Ha. Ini karena terjadinya Degradasi dan Abrasi. Jaraknya sekitar 9-10 km dari Pantai Panjang. Kalo naik perahu mesin memakan waktu 40-60 menit. 

 Ini gambaran terumbu karang di sekitar Pulau Tikus. Pulaunya ya yang kecil itu!


Nah, ini dia citra satelit Pulau Tikus

Dari Google Earth jarak Pulau Tikus dari bibir Pantai Panjang Bengkulu sekitar 9 km

Dari berbagai sumber yang saya cari, pulau ini diberi nama Pulau Tikus karena ukuran pulaunya yang kecil, secara Tikus itu kan binatang yang kecil. Tapi tidak ada tikus disini ya, mohon diperhatikan. Malah disini banyak kucing yang hidup beranak-pinak. Asalnya dari mana ada kucing? dari para nelayan. Bukannya ujug-ujug (tiba-tiba) muncul dan hidup di Pulau Tikus ini.

Pulau Tikus juga ikut menuliskan namanya dalam sejarah Bengkulu. Soalnya, tanggal 16 Juni 1685 bangsa Inggris datang ke Bengkulu, dan sebelumnya mendarat di Pulau Tikus! Seharusnya mendarat di Pelabuhan Pulau Baai, tapi sedang ada Kapal Belanda dan Kesultanan Banten pada saat itu. Kok tahu? Ya banyak baca buku dong!

Nah, seperti yang saya tulis diatas, intinya saya mau bagi video dan sedikit foto-foto liburan saya dan rekan kerja saya ke sana. Silahkan nonton video di bawah ini atau di channel Youtube saya https://www.youtube.com/watch?v=bYVusL8nYec



 Beristirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol


 Kelomang atau umang-umang (Kepiting Pertapa) - krustasea dekapod dari superfamili Paguroidea

 Bareng mas Ikhsan, mampir juga di blog dia di kurniawanican.wordpress.com


 Foto dari kelakuan Random Rekan kerja


Pulau Tikus, tapi banyakan kucing nya kok.Percaya deh !

Biar pada percaya ...

Fotografi dengan Xiaomi Mi3

Hasil jepretan Xiaomi Mi3 dengan manual/auto fokus



Kenalan dong mbak Lara !

Begini nih kalo gurita digantung, nggak enak. Apalagi cintaku padamu (?)

Gurita hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda

Beli beli beli murah murah murah. Gurita-gurita ! Akhirnya dibeli oleh Pipox secara Live !

Eit ada penampakan sesosok manusia berpakaian hitam. Dapatkah anda temukan? Kalau belum juga, yang dicari.

Santap Ikan Bakar !

Life Jacket - Jaket Pelampung

Mantap nggak mas Ferdian ke Pulau Tikus nya?

Salah satu contoh yang tidak patut ditiru, berfoto selfie ketika teman lainnya sibuk bersiap-siap berangkat

Sebelum berangkat, mejeng dulu di Kapal kayu bermesin ini !

Cuaca panas, maklum di tengah laut

Ye sampai.

Abaikan bagian perut yang melengkung ke luar !

Di depan menara suar Pulau Tikus

Maksudnya sih mau berfoto di papan selamat datang di Pulau Tikus, tapi karena nggak sadar pake Xiaomi Yi yang notabene nya wide screen, jadi kejauhan.

Tips Didekati Cewek : Bawa kamera tahan lama dan tahan air di tempat wisata !

Siang bolong kulit mutung (baca: gosong) tak terasa demi foto-fotoan

Empat remaja (sebenarnya yang baju oranye sudah ibu-ibu) nekat mencegat sebuah perahu di Pulau Tikus untuk dijadikan objek foto! Percayalah, berita ini tidaklah nyata !

Empat orang remaja (seorang lagi sebenarnya ibu-ibu) menemukan bahwa Bumi itu bulat, dilihat dari garis laut yang melengkung, apalagi jika menggunakan kamera wide screen

Jadi difotoin nggak >_<

Saya jadi pemandu untuk sementara waktu ini

Foto ini diambil di dekat bekas dermaga yang sekarang sudah menjadi seperti yang di foto

Saya sadar bahwa foto ini kurang Contrast

Foto di tepi Pulau Tikus

Sebelum snorkeling ada baiknya kita berfoto terlebih dahulu. Berfoto, dimulai !

Yok sebelum snorkel, foto dulu !

Berangkat ke lokasi terumbu karang

Saya (dan teman lainnya yang berbodi besar) merasa menjadi lebih (sangat) besar ketika memakai Jaket Pelampung ini

Foto buram dikarenakan waterproof case saya ber embun, kamera saya panas

Foto bawah air

Foto di bawah air







Monopod yang saya gunakan terlalu jauh



Mbak Lara

Tiga pemuda di Pulau Tikus

Kulit mereka bertiga akan merasakan efek tersengat matahari pada hari berikutnya.

Siap-siap mau kembali ke daratan

Selama perjalanan kami diterpa air yang rasanya asin, biasa disebut air laut !

Kru kapal

Melawan matahari, buram !

Udah mau sampai. 

Komentar