Langsung ke konten utama

Manajemen Pemikiran (1)

Manajemen pemikiran. Anda tahu itu apa manajemen ? Dalam arti kasarnya, manajemen itu sistem pengaturan yang mengatur apa-apa yang diatur. Intinya adalah bagaimana kita mengATUR.
Pemikiran, ya. Hasil dari pikiran. Cara berpikir, proses. Teknik, tahapan, pola, dari pengolahan suatu subjek-objek baik yang menarik atau tidak.
Definisi diatas saya buat asal-asalan. Artinya tidak ada landasan teori ilmiah yang nyata. Definisi tersebut berdasarkan pengalaman hidup saya dalam menempuh pendidikan tinggi kesehatan di suatu daerah, kurang lebih selama tiga tahun.
Terlepas dari beberapa orang yang memiliki "jenius bawaan", manusia diciptakan dimulai dari kepala. (HEAD). Semua orang mempunyai semua pemikiran yang semuanya berbeda, mungkin ada yang sama. Tapi sesama-samanya pemikiran, pasti ada yang berbeda.
Saya mau bercerita sedikit, tadi siang saya makan di kantin di dekat tempat kuliah anak-anak putih biru kerudung. Sambil makan saya mendengarkan (bukannya mencuri dengar atau menguping, tapi mau tidak mau saya mendengar pembicaraan mereka.
Apa yang mereka hebohkan? Ya, tentang pacar mereka, pacar orang, pacar sahabat mereka, dengan umur mereka yang 19-20 tahun. Mungkin sering dengar.

Dari berbagai observasi, mungkin bisa dikatakan sikap mereka 2 tahun dibawah umur asli mereka. Dan anak  kecil terlalu dewasa untuk membicarakan hal-hal yang seharusnya dibicarakan oleh orang dewasa (bahkan orang dewasa bahkan belum tentu sering membicarakannya!).
Saya ikut prihatin akibat dari perkembangan ini. Terlalu banyak pengaruh KOREA dan pengaruh dunia luar lainnya yang merusak generasi bangsa. Dari dulu disebut "membentuk generasi penerus bangsa", tapi si generasi nya tidak memikirkan bangsanya sendiri.

Komentar