Langsung ke konten utama

Apa itu Drone ? DJI ? First Flight Drone Bengkulu

Pernah mendengar kata "DRONE" ? Mungkin pernah atau jarang, karena barang ini sebenarnya bukanlah barang baru. Mungkin di Indonesia juga bukan barang baru tetapi belum secara menyeluruh diketahui secara luas oleh masyarakat.
Kalo menurut wikipedia, DRONE itu artinya Pesawat (Ya! Pesawat) tanpa awak yang dikenal dengan UAV alias Unmanned Aerial Vehicle. Sisanya baca sendiri di sana ya.


drone menurut wikipedia
UAV (Unmanned Aerial Vehicle) - wikipedia

Kalo menurut Bahasa Inggris, drone ya artinya DENGUNG, Lebah, dan lain-lain


Drone sendiri sudah berevolusi bentuknya dan penggunaannya tidak lagi untuk alasan keamanan atau pertahanan, sekarang menjadi Hobi bagi yang menyukai keindahan pemandangan aerial, yakni suatu pemandangan yang dilihat dari atas atau dari sudut drone.
Sebenarnya drone yang model sekarang bukanlah drone, tetapi lebih ke mainan pesawat remote kontrol (RC). Yang sekarang dimaksud dengan drone adalah yang kurang lebih bentuknya seperti ini :

DJI yang populer
Fotonya lebih banyak di googling sendiri saja. Dan saya juga memiliki sebuah drone merk DJI, yakni DJI Phantom 3 Standard, ini yang paling murah dan bagus menurut saya dibandingkan dengan DJI versi diatasnya. Saya sudah menggunakan beberapa kali untuk mengambil video aerial dari udara dan memang terlihat berbeda dan indah. Berikut ini cuplikan hasil drone saya (atau bisa dilihat langsung di http://www.youtube.com/arisulistianto )



Ini merupakan video First Flight - Penerbangan Pertama saya menggunakan DJI Phantom 3 Standard. Waktu itu saya masih malu menggunakannya karena suara yang dihasilkan oleh perputaran propeler - baling-baling DJI itu bising dan menarik perhatian orang lain, sehingga saya menerbangkannya di tempat sepi.

Komentar